7 Tips Sehat dan Bugar Sepanjang Hari Saat Puasa

Puasa di bulan Ramadan itu wajib hukumnya bagi umat Islam, Goers. Puasa secara etimologi berarti menahan hawa nafsu (termasuk lapar dan haus) dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Walaupun tidak makan selama belasan jam, bukan berarti kamu boleh alasan untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Puasa tidak boleh dijadikan hambatan!

Supaya puasamu lancar dan kamu nggak merasa lemas sepanjang bulan ke depan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakuin, nih. 7 tips sehat dan bugar selama puasa rekomendasi Tim Goers ini mudah banget kamu terapkan dalam keseharian kamu. So, check this out! 

1. Periksakan Diri

Sudah beberapa hari puasa dan perut terasa perih dari siang hingga setelah berbuka? Ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter sebelum lanjut puasa. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada hal yang berbeda di tubuh kamu dan bagaimana cara mengatasinya. Lagipula, puasa sambil menahan sakit itu tidak nyaman, bukan?

2. Jangan Anggap Sepele Sayur dan Buah

Moren min fortalte meg en gang at da hun var barn, ventet de intenst på jul, fordi da fikk de appelsiner. Verden er jammen blitt liten siden den gang: I dag kjøpte jeg appelsiner og sitroner fra Spania, bananer fra Ecuador, druer fra Sør-Afrika, epler fra Italia, jordbær fra Marokko og knekkebrød fra Sverige. Melk og urter er fra Norge! My mother once told me that when she was a child, they eagerly waited for Christmas, because then they got oranges! The world certainly has become quite small since then: Today I bought oranges and lemons from Spain, bananas from Ecuador, grapes from South-Afrika, apples from Italy, strawberries from Morocco and crisp bread from Sweden. The milk and the herbs are from Norway! #fruitandvegetables #herbs #colours #groceries #countries

A post shared by Jorunn Stensrud (@jorunnsten) on

Mengonsumsi makanan instan dan serba praktis saat ini sudah jadi kebiasaan banyak orang di perkotaan. Tidak heran jika makanan olahan frozen dari berbagai daging yang ready to eat dalam hitungan menit laris di pasaran. Selama puasa dan seterusnya, ada baiknya kamu nggak hanya makan nasi dengan lauk olahan saja, Goers. Tambahkan beberapa sendok sayur dan beberapa potong buah kesukaan kamu. Soalnya, tubuh kamu juga perlu sayur dan buah. Serat dan vitamin yang terkandung dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu kamu untuk tidak merasa cepat haus.

3. Air Putih yang Cukup

Bukan hanya sayur dan buah, yang diperlukan untuk tetap sehat dan bugar, konsumsi air putih juga! Setidaknya, selama puasa, kamu harus mengonsumsi setidaknya 2 liter atau 8 gelas air. Kebutuhan akan air ini bisa kamu bagi, baik saat sahur ataupun setelah buka dan saat malam, misalnya 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas setelah berbuka hingga tidur.

4. Atur Jadwal Tidur

#sleeping #sleep #bed #bedroom #linen #bedsidetable

A post shared by Wilde Cheyenne (@sweet_sweet_sleep) on

Orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam sehari. Berkaitan dengan waktu tidur, selama puasa, kamu akan bangun lebih cepat beberapa jam untuk sahur. Oleh karena itu, sebaiknya kamu atur jadwal tidurmu, bisa beberapa jam lebih awal dari biasanya atau tidur beberapa saat setelah sahur. Kalau kamu kekurangan istirahat, aku akan merasa lemas sepanjang hari, Goers.

5. Olahraga

Puasa bukan alasan kamu jadi malas olahraga. Sebab, olahraga itu harus kamu lakukan setidaknya seminggu tiga kali agar badan tetap sehat. Supaya tenagamu nggak terlalu terforsir untuk olahraga, di saat puasa gini kamu bisa coba isi kebutuhan olahragamu dengan olahraga low impact seperti yoga dan jogging.

6. Jaga Suhu Tubuh

Norwegen #norwegen #norwegian #norwegiantourist #me #travel #traveldiary #traveltheworld #picoftheday #cold #coldweather

A post shared by Franzi Horvat (@franzihorvat) on

 

Kamu perlu mengatur suhu tubuh kamu supaya tetap merasa bugar sepanjang hari saat puasa. Caranya mudah, jangan menghabiskan waktu di tempat yang terasa panas atau terlalu dingin. Berada di tempat dengan suhu yang panas seperti di bawah sinar matahari akan membuatmu lemas dan merasa kehabisan energi. Selain itu, berada di suhu yang terlalu dingin bisa membuat badanmu kaku dan sendi terasa ngilu.

7. Makan Secukupnya

Menahan lapar sepanjang hari jangan dijadikan pembelaan untuk makan sebanyak-banyaknya saat berbuka. Jangan kalap, ya! Soalnya, hal itu nggak bagus. Berat badan kamu bisa meningkat dengan drastis, kamu berkemungkinan terkena diabetes, dan bisa saja penyakit yang lain. Selain makan secukupnya, gizi makanan kamu juga harus diperhatikan, Goers. Jangan cuma asal. Ingat, 4 sehat 5 sempurna.

Tidak ada lagi alasan untuk lemas dan bersantai ria saat puasa, kan, Goers? Yuk terapkan 7 tips ini supaya kamu selalu sehat dan bugar meski di siang bolong! Selamat puasa, semoga senantiasa berkah harimu, ya! 

Goers, sebagai panduan kamu di bulan Ramadan, dapatkan informasi tempat olahraga low impact, tempat berbuka puasa sehat, dan info puasa lainnya di aplikasi Goers, yang tersedia di Android dan iOS. Buka aplikasinya untuk mendapatkan rekomendasi tempat serta acara yang pas buat kamu! Yuk Pergi!

 

Leave A Reply

Navigate