Yuk, Ikuti Proses Refund Tiket ATL dengan Benar!

Setelah kabar mengecewakan dengan dibatalkannya konser All Time Low yang seharusnya digelar 15 Agustus lalu, Goers selaku salah satu vendor penjualan tiket konser ini menindaklanjuti dengan mengembalikan dana penjualan tiket atau refund kepada customer Goers yang sudah membelinya baik secara online dan offline.

Untuk proses refund ini, Goers memerlukan tiga tahap, yaitu pengisian formulir, lalu verifikasi dan validasi data formulir dengan sistem Goers dan data dari pihak Promotor, dan terakhir adalah pengembalian dana melalui proses transfer kepada pembeli tiket. Goers berencana mengembalikan kepada Buyer (yang membeli tiket) saja. Namun dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari pengguna Goers yang sudah menggunakan fitur Send Ticket yang unik dan tidak terdapat di aplikasi vendor tiket manapun, maka Goers meng-update prosedur refund. Prosedur terkini dengan formulir terbaru dan sisi validasi data memungkinkan Buyers dan Attendees (Pemegang tiket) untuk bisa melakukan refund. Lalu, Goers sendiri melakukan 3 mekanisme penjualan tiket, yaitu presale offline langsung di kantor Goers, lalu membeli melalui komunitas FanBase All Time Low Indonesia, dan penjualan online yang reguler.

Nah, untuk memudahkan proses refund buat kamu para pengguna Goers sekaligus Hustlers Indonesia, berikut penjelasan dan pertanyaan yang paling banyak diajukan terkait proses refund ini. Disimak ya, guys, yuk!

Pengisian Formulir Refund All Time Low Concert

Pastikan kamu mengisi seluruh data di formulir refund tiket ATL dengan benar. Kesalahan penulisan dan input yang dilakukan oleh customer akan mempersulit proses validasi dan berpotensi pada semakin mundurnya waktu transfer/refund.

Halaman awal

Email address: kolom ini diisi dengan alamat email sesuai dengan email registrasi kamu di Goers.

Nama lengkap: kolom ini diisi dengan nama sesuai kartu identitas yang digunakan di aplikasi Goers.

*Bagaimana jika nama di aplikasi berbeda dengan nama identitas? Kamu harus mengganti nama di aplikasi Goers menjadi sesuai dengan nama di kartu identitas. Masuk ke aplikasi Goers, buka menu My Profile, pilih View Profile (di bawah foto), lalu tap Edit Profile, kemudian ubah First Name dan Last Name sesuai dengan nama di kartu identitas.

Kamu melakukan Refund sebagai?

Kamu harus memilih status kamu, apakah sebagai Buyer, Attendee, atau keduanya.

Buyer: Kamu adalah user yang menggunakan aplikasi Goers untuk membeli tiket ATL. Tapi, tiket ini kamu kirimkan ke pihak lain sehingga di aplikasi Goers kamu tidak ada lagi tiket ATL. Kamu sendiri tidak memiliki lagi tiketnya.

Contohnya: Ayu membeli 4 tiket ATL. Ayu menerima tiket ATL di menu My Tickets. Ayu lalu mengirimkan 4 tiket tersebut ke Billy. Tiket masuk ke menu My Tickets aplikasi Goers Billy, sementara di aplikasi Goers Ayu sudah tidak ada lagi tiket ATL.

Attendee: Kamu adalah orang yang menerima kiriman tiket dari Buyer/orang lain yang membeli tiketnya menggunakan aplikasi Goers. Kamu memiliki tiketnya di menu My Tickets di aplikasi Goers kamu, tapi kamu bukan yang membelinya. Kamu hanya menerimanya dari kiriman Buyer.

Contohnya: Dari cerita Ayu di atas, maka Attendee yang dimaksud di sini adalah Billy.

Keduanya (Buyer dan Attendee): Kamu membeli tiket ATL di aplikasi Goers dengan akun sendiri dan tiketnya untuk diri sendiri alias tidak dikirimkan (Send Ticket) ke orang lain/user lain. Kamu memiliki tiket ATL di menu My Tickets untuk nantinya digunakan kamu sendiri.

Contohnya: Ayu membeli tiket ATL di aplikasi Goers dan menerima tiketnya di menu My Tickets. Ayu menyimpan tiketnya hingga digunakan di hari konser nanti.

*Status kamu sebagai Buyer, Attendee, atau Keduanya akan mempengaruhi proses validasi refund. Goers akan menjumlahkan total tiket yang di-refund untuk order yang sama, dari Buyer, Attendee, dan Keduanya.

Metode Pembayaran yang Digunakan ketika membeli Tiket

Offline (Cash): Kamu membayar tiket konser ATL pada saat acara Presale Offline di kantor Goers di Kemang pada tanggal 26 Mei 2017 secara tunai.

Offline (Kartu Kredit atau Debit melalui EDC): Kamu membayar tiket konser ATL pada saat acara Presale Offline di kantor Goers di Kemang pada tanggal 26 Mei 2017 secara non tunai, melainkan menggunakan kartu kredit atau debit.

Online: Kamu membeli tiket konser ATL secara online melalui aplikasi Goers dan melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang tersedia di aplilasi Goers (baik secara transfer antar bank ataupun dengan kartu kredit).

*Kamu yang membeli tiket ATL melalui komunitas FanBase AllTimeLow ID, maka pilihlah metode pembayaran Offline (Cash).

Jenis Tiket yang Dibeli/Direfund

Presale: untuk kamu yang membeli secara offline saat presale di kantor Goers

Fan Club Presale: untuk kamu yang membeli secara online di aplikasi Goers yang mengetahui kode tiket ini maupun yang membeli melalui komunitas Fanbase All Time Low ID

Normal: kamu yang membeli tiket di aplikasi Goers untuk jenis tiket Normal

Jenis tiket yang dibeli ini harus disesuaikan dengan yang ada di aplikasi Goers, menu My Tickets

*Berarti ada perbedaan waktu transfer untuk tiap batch yang berbeda? Iya, Goers akan memprosesnya sesuai urutan mekanisme penjualan, yaitu dimulai dari mereka yang membeli tiket Presale, lalu tiket Fan Club Presale, dan yang terakhir adalah tiket Normal. Setelah itu masih ada kesempatan untuk transfer refund bagi customers yang gagal mengisi formulir atau tidak lolos validasi.

Jumlah Tiket yang Dibeli/Direfund

Pilih jumlah tiket yang ingin kamu refund dan sesuai dengan data transaksi.

Contoh: Ayu sebagai Buyer membeli 4 tiket. Dua tiket dikirimkan melalui Send Ticket ke Billy. Maka, Ayu statusnya Keduanya (karena Buyer yang membeli tiket sekaligus Attendee karena masih menyimpan 2 tiket) dan Billy sebagai Attendee (karena menyimpan 2 tiket tapi bukan yang membeli). Jika Ayu dan Billy, keduanya ingin refund masing-masing sesuai tiketnya, maka Ayu memilih jumlah tiket DUA (2) dan Billy juga memilih DUA (2). Keduanya bisa menerima transfer refund asalkan total jumlah tiket yang di klaim oleh keduanya sama dengan jumlah tiket yang tercatat di sistem.

Contoh: Ayu sebagai Buyer membeli 4 tiket. Dua tiket dikirimkan ke Billy. Maka Ayu statusnya Keduanya (karena Buyer yang membeli tiket sekaligus Attendee karena masih menyimpan 2 tiket) dan Billy sebagai Attendee (karena menyimpan 2 tiket tapi bukan yang membeli). Jika Ayu dan Billy ingin refund tapi keduanya menulis 4 tiket di masing-masing formulir, maka formulir kedua tidak akan lolos validasi. Kenapa? Karena jumlah tiket yang diklaim keduanya (masing-masing memilih 4 tiket yang jika digabung menjadi 8 tiket) tidak sesuai dengan data pembelian yang tercatat yang mana pembelian sesungguhnya hanya 4 tiket. Perbedaan ini membuat data tidak sesuai dan tidak lolos validasi. Proses refund akan ditunda menunggu semua refund yang sesuai data/tervalidasi selesai. Kamu juga harus memperbaiki formulir dan mencocokkan kembali jumlah tiket yang sesuai, baru akan dilanjutkan dengan proses refund/transfer.

Contoh: Jika Ayu sebagai Buyer memberikan seluruh tiketnya kepada Billy dan tidak mengklaim refund, maka Billy sebagai Attendee bisa melakukan refund. Billy memilih jumlah tiket yang sesuai dengan yang dibeli Ayu.

Atau sebaliknya, jika Ayu sebagai Buyer, telah mengirimkan semua tiketnya melalui Send Ticket ke Billy, Ayu tetap bisa mengklaim refund.  Meskipun Ayu sudah tidak memiliki lagi tiket ATL di menu My Tickets di aplikasi Goers-nya, namun nama Ayu tetap tercatat di sistem sebagai Buyer, sehingga refund tetap bisa dilakukan.

Apakah Membutuhkan Surat Pernyataan?

Ya jika :

  • Nama rekening tujuan refund tidak sama dengan nama akun di aplikasi Goers/penerima tiket. Contoh: Ayu yang membeli dengan akun Ayu di Goers, tapi rekening tujuan refund merupakan rekening orang tua.

Tidak jika:

  • Nama di rekening tujuan refund sama dengan nama akun di aplikasi Goers.

Goers tidak mencatat rekening yang melakukan pembayaran ke Goers. Oleh karena itu, rekening yang dimaksud di sini adalah rekening untuk tujuan transfer uang refund.

JIKA KAMU MENGISI “YA” DI BAGIAN SURAT PERNYATAAN, MAKA KAMU AKAN MASUK KE HALAMAN BERIKUTNYA BERUPA DATA SURAT PERNYATAAN.

JIKA KAMU MENGISI “TIDAK” DI BAGIAN SURAT PERNYATAAN, MAKA KAMU AKAN MASUK KE HALAMAN BERIKUTNYA BERISI DATA REKENING TUJUAN TRANSFER REFUND.

Halaman data surat pernyataan

Halaman kedua berisi Surat Pernyataan.

Pihak Pertama

Nama lengkap:

Nama orang yang mengajukan refund, baik itu Buyer, Attendee, atau keduanya.

No KTP atau Kartu Pelajar:

Diisi dengan nomor identitas orang di atas yang melakukan klaim untuk refund. Untuk kamu yang tidak memiliki nomor kartu penduduk atau kartu pelajar, bisa menggunakan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional (biasanya terdapat di Buku Raport atau website sekolah).

Apakah kode identitas di Kartu Pelajar yang kadang berupa kombinasi antara angka dan huruf bisa digunakan untuk mengisi kolom ini? Ya, bisa.

Pengisian nomor KTP & Kartu Pelajar ini tidak menggunakan spasi atau tanda baca lainnya (misalnya: – / , / . / dan lainnya). Hanya angka dan huruf saja.

Nomor HP yang bisa dihubungi

Nomor HP dari orang pihak pertama di atas yang bisa dihubungi. Jangan lupa untuk menuliskan nomor diawali dengan +62

Pihak Kedua

Nama lengkap: Diisi dengan nama pemilik rekening yang menjadi tujuan transfer refund. Nama ini harus benar dan sesuai dengan penulisan nama di rekening bank milik Pihak Kedua yang akan menjadi tujuan transfer refund.

No KTP: Diisi dengan nomor KTP pemilik rekening tujuan transfer. Harap menuliskan angka saja, tanpa menggunakan spasi, karakter, atau tanda baca lainnya (misalnya: – / , / . / dan lainnya).

No HP yang bisa dihubungi: Diisi dengan nomor HP pemilik rekening tujuan transfer. Jangan lupa untuk menuliskan nomor diawali dengan +62

Nama Bank Tujuan Refund

Pilih bank sesuai rekening tujuan transfer refund milik pihak kedua.

Nama Pemilik Rekening Tujuan Refund

Kolom ini diisi dengan nama yang benar dan sesuai dengan penulisan nama Pihak Kedua di rekening bank yang menjadi tujuan transfer refund. Penulisan nama Pihak Kedua di atas sama dengan penulisan nama pemilik rekening tujuan refund.

Nomor Rekening Tujuan Refund

Diisi dengan nomor rekening bank Pihak Kedua.

Jika nomor rekening dimulai dengan angka 0 (nol) maka penulisan di formulir harus diawal dengan tanda kutip satu (‘). Contohnya: Rekening 09812345. Maka dituliskan di formulir ini sebagai berikut: ‘09812345

Harap diperhatikan untuk tidak memasukkan spasi atau karakter lainnya di kolom nomor rekening ini, kecuali tanda kutip (‘) untuk rekening berawalkan angka 0 tadi.

KLIK TOMBOL SUBMIT.

Halaman data rekening tujuan transfer refund

Bagi mereka yang mengisi “Tidak” di bagian Surat Pernyataan, maka halaman berikutnya yang harus diisi adalah data rekening tujuan refund.

Nama Bank Tujuan Refund

Pilih bank sesuai rekening tujuan transfer refund.

Nama Pemilik Rekening Tujuan Refund

Kolom ini diisi dengan nama yang benar dan sesuai dengan nama pemilik rekening tujuan transfer refund. Pastikan nama rekening bank kamu sudah sesuai dengan nama di kartu identitas dan sesuai dengan kolom Nama Lengkap di halaman awal.

Nomor Rekening Tujuan Refund

Diisi dengan nomor rekening bank tujuan transfer.

Jika nomor rekening dimulai dengan angka 0 (nol) maka penulisan di formulir harus diawal dengan tanda kutip satu (‘). Contohnya: Rekening 09812345. Maka dituliskan di formulir ini sebagai berikut: ‘09812345

Harap diperhatikan untuk tidak memasukkan spasi atau karakter lainnya di kolom nomor rekening ini, kecuali tanda kutip (‘) untuk rekening berawalkan angka 0 tadi.

KLIK TOMBOL SUBMIT.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan

“Lalu kapan proses transfer refund akan dilakukan?”

Transfer akan dilakukan setelah proses pengisian formulir dengan benar dilakukan dan proses validasi dilakukan tanpa ada masalah sama sekali.

“Jika ada masalah dalam pengisian formulir, atau tidak lolos proses validasi, berarti tidak akan ditransfer refund-nya?”

Tidak demikian. Proses refund akan tetap berjalan hanya saja proses transfer dananya yang tertunda. Goers akan mendahulukan customer yang mengisi formulir dengan benar dan lolos validasi untuk kemudian ditransfer dananya. Sementara yang masih memiliki kendala dalam mengisi formulir atau justru tidak lolos validasi (misalnya karena tidak lengkap Surat Pernyataannya atau ada perbedaan nama di formulir dengan nama rekening di bank), maka akan masuk ke antrian. Transfer untuk customer yang terkendala ini menunggu proses transferan customer yang tidak bermasalah selesai.

JADWAL PROSES VALIDASI DAN TRANSFER REFUND

Proses pengisian formulir batas waktunya ditunggu hingga Kamis, 24 Agustus 2017 jam 18.00 WIB.

Validasi data dilakukan pada Jumat, 25 Agustus dan Senin, 28 Agustus 2017. Kemudian data yang telah lolos validasi, akan dikirimkan kepada promotor. Jika promotor sudah setuju, maka pengembalian dana akan di-release ke Goers untuk dikembalikan kepada customer. Goers meng-handle refund untuk ribuan tiket, oleh karena itu perlu dipastikan bahwa semua data valid.

Proses transfer refund bagi customers yang lolos validasi secepat-cepatnya dimulai pada tanggal 30 dan 31 Agustus dan dilanjutkan pada 4 hingga 8 September 2017.

 

Bagi customer yang terkendala baik dalam pengisian formulir atau tidak lolos validasi, proses refund dilanjutkan setelah tanggal 8 September 2017 dengan sebelumnya memperbaiki pengisian formulir dan wajib lolos validasi.

 

Leave A Reply

Navigate